Destinasi Wisata Surabaya | Patung Budha Empat Muka Surabaya Mendapat Rekor Patung Tertinggi di Indonesia

source eastjava.com
Wisata-kotasurabaya.blogspot.com - Di Kota surabaya anda bisa meneWajahn berbagai tempat wisata religi yang unik. Salah satunya adalah patung Budha Empat Wajah. Ada yang menyebutnya Patung Budha Empat Wajah. 

Patung ini diketahui paling tinggi di Indonesia yang sudah dicatat muri. Anda bisa menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu pojok Pantai Ria Kenjeran, suatu pantai di kota Surabaya yang populer bakal product perikanan dan tempat nongkrongnya muda-mudi Surabaya. 

Bangunan Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh 4 pilar, yakni pilar hijau atau emas. Terbagi dalam 3 sisi, yaitu stupa, patung Buddha, serta singgasana Buddha. Patung Buddha serta takhta semasing mempunyai tinggi 9 mtr.. 

Patung ini mempunyai kemiripan dengan patung Buddha yang ada di obyek wisata Bangkok, yaitu terdiri atas Wajah perdamaian serta kesehatan, Wajah jalinan baik, Wajah keberuntungan, serta Wajah perlindungan pada kejahatan.

image source potlot-adventure.com
Lokasinya berada di Pantai Ria Kenjeran, suatu daerah pantai di kota Surabaya yang dengan cara tradisional di kenal juga sebagai tempat bermesraan untuk pasangan yang tengah dimabuk asmara, serupa pantai Bina Ria di Ancol. Walau citra kuat yang romantis itu tetap masih menempel, tetapi beberapa pengunjung saat ini mempunyai argumen lain yang tambah baik untuk bertandang ke tempat itu. 
  
Patung Buddha Empat Wajah tampak sangatlah mengesankan. Pekerjaan pembuatan patung ini diawali pada Juli 2003, di bangun diatas tanah seluas 1, 5 hektar. Bangunan paling utama di mana Patung Buddha Empat Wajah ini ditempatkan memiliki ukuran 9×9 mtr., suatu angka simbolik utama untuk komune penganut Buddha. 

image source potlot-adventure.com

source images.detik.com

image source rkasala.net
Ke empat Wajah melambangkan empat karakter Buddha, yakni kasih sayang, murah hati, adil serta meditasi. Ini agak tidak sama dengan patung sejenis yang ada di Kuil Erawan Bangkok, yang melambangkan Wajah Kedamaian serta Kesehatan, Wajah Jalinan Baik, Wajah Keberuntungan, serta Wajah Perlindungan pada Kejahatan. 

Kompleks Patung Buddha Empat Wajah ini telah diresmikan pada 9 November 2004. Tinggi patung Patung Buddha Empat Wajah ini yaitu 9 meter. dengan tinggi keseluruhnya 36 meter termasuk juga bangunan kubahnya. MURI sudah mencatat monumen Patung Buddha Empat Wajah ini juga sebagai monumen Buddha yang paling tinggi serta paling besar di Indonesia. 

Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh sebagian patung gajah, dan ada suatu cungkup yang di dalamnya ada patung Ganesha berwarna keemasan. Patung Buddha Empat Wajah adalah tempat yang anda tak bisa terlewat bila anda bertandang ke Surabaya, serta sesudah bertandang semoga anda di inspirasi oleh cinta yng sudah dicurahkan untuk mensupport pembangunan monumen Patung Buddha Empat Wajah yang sangatlah mengesankan ini. 

Advertisement
Previous
Next Post »