Destinasi Wisata Surabaya | Penasaran dengan Misteri Pantai Jelangkung


Wisata-kotasurabaya.blogspot.com - Surabaya adalah salah satu kota yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga memiliki lokasi pantai. Salah satunya adalah pantai jelangkung. Pantai nan indah ini tidak menyuguhkan panorama yang angker, namun juga unik nan indah.

Pantai Jelangkung ada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini terdapat persis di tepi jalan lintas selatan (JLS) Malang. Nama pantai ini memanglah unik serta buat siapa saja yang baru pertama mendengarnya terasa penasaran. Tetapi tidak seseram namanya, rona keindahan pantai ini malah nampak saat terang dari jalan raya yang telah mulus beraspal. 

Sebenarnya nama asli pantai ini yaitu Jolangkung yang dalam bhs Jawa bermakna ‘ojo liwat’. Adapun dalam bhs Indonesia, ‘ojo liwat’ bermakna ‘jangan lewat’. Dulu di pantai ini ombaknya populer amat besar sampai meluber ke jalan raya. Siapa saja yang melalui di jalan raya itu terlebih pas ada ombak besar, kemungkinan tergulung ombak. Oleh maka itu, kala ada ombak besar kita tak di ijinkan melalui, mesti menanti sebentar supaya ombak reda. Berdasar pada hal tersebut jadi pantai ini juga dimaksud dengan Jolangkung (janganlah melewatinya). Kemudian orang-orang seputar menyebutnya dengan Pantai Jelangkung. Sampai saat ini, pantai itu memanglah masih tetap beresiko bila ada ombak besar. 

Tetapi wisatawan tidak butuh takut kala bertandang ke pantai ini. Meskipun ombak di Pantai Jelangkung cukup tinggi, namun saat hingga di bibir pantai ombak segera beralih pelan. Hal semacam ini lantaran ada karang yang ada seputar 10 mtr. saat sebelum bibir pantai. Tinggi karang itu cuma seputar 50 cm, tetapi memanjang selama pantai seputar 300 mtr., maka dari jauh terlihat seperti seorang yang tengah rebahan. Setiap saat ombak datang, air bakal berhenti di batu karang ini. Sesaat semburan air bakal melingkar pelan di badan karang seperti air yang tengah membelai. 

Pantai ini termasuk baru di kenal oleh orang-orang luas. Jika mau nikmati keindahan serta keunikannya, Anda tak dipungut ticket masuk dengan kata lain masih tetap gratis. Untuk menuju Pantai Jelangkung, dari kota Malang dapat ikuti rute menuju Pantai Sendang Biru, lantas berbelok ke barat menuju Desa Gajahrejo. 

Dari Desa Gajahrejo masuk lokasi jalur lingkar selatan (JLS) jalan mulai beraspal mulus. Anda ikuti saja jalur JLS itu sampai hingga di Pantai Jelangkung. Tempat pantai yang ada di tepi jalan bakal membantu perjalanan Anda. Jika sudah tiba, Anda bakal kagum dengan keindahan dan panorama seputar pantai yang saat eksotik. Di segi kanan serta kiri jalan dikelilingi oleh perbukitan yang cukup tinggi. Tetapi di sela-sela bukit itu, pandangan kita dapat menembus pantai yang membiru. Pemandangan yang mempesona itu sungguh menawan, seakan-akan seperti ada diluar negeri. 

Oya, tempat Pantai Jelangkung cukup dekat dengan Pantai Ngantep. Wisatawan dapat sekalian berwisata ke pantai yang tidak kalah indah ini. Anda dapat juga berkunjung ke pantai indah yang lain di Malang seperti Pantai Tamban, Pantai Modangan, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Balekambang, dan sebagainya. Sepanjang berlibur di kota apel ini, Anda bisa beristirahat di The Graha Cakra, Mutiara Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau Griyadi Montana Hotel.
Advertisement
First